Investasi sewa properti
freepik

Cara Investasi Sewa Properti Yang Tepat

Cara Investasi Sewa Properti Yang Tepat

Menemukan sewa properti yang tepat jelas merupakan salah satu kunci sukses dengan properti sewa investasi. Di bawah ini adalah panduan untuk membantu Anda menemukan rumah yang tepat yang akan membantu Anda menghasilkan pendapatan tambahan.

Pertama, pertimbangkan apakah Anda ingin mencari properti sewaan sendiri atau apakah Anda ingin melibatkan agen real estat untuk membantu Anda dalam hal ini. Ada banyak keuntungan bekerja dengan broker yang memiliki reputasi baik saat mencari properti investasi. Dalam banyak kasus, agen real estat mungkin mengetahui properti yang baru saja memasuki pasar yang mungkin tidak diperhatikan oleh orang lain. Agen real estat juga biasanya berpengalaman di lingkungan setempat, yang bisa menjadi penting jika Anda tidak berasal dari daerah itu.

Sebelum Anda benar-benar mulai melihat properti potensial, pastikan Anda sudah memeriksa dan mengatur keuangan Anda. Idealnya, Anda harus memeriksa laporan kredit Anda beberapa bulan sebelum Anda berencana melakukan pembelian untuk memastikan tidak ada ketidakakuratan yang dapat mencegah Anda mendapatkan hipotek untuk membeli properti investasi Anda. Pastikan untuk memeriksa dengan ketiga agen pelaporan kredit, bukan hanya satu, untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang kelayakan kredit Anda. Dengan memastikan kredit Anda teratur, Anda juga bisa mendapatkan tingkat bunga yang lebih menguntungkan.

Penting juga untuk melakukan riset di pasar lokal sehingga Anda tidak membayar lebih untuk properti yang akhirnya Anda beli. Saat membeli properti investasi, pastikan bahwa kesepakatan yang Anda tutup memiliki ruang yang cukup untuk margin keuntungan jika ada kalanya Anda tidak memiliki hunian penuh.

Pertimbangkan baik-baik pro dan kontra dari membeli rumah yang memenuhi syarat sebagai perbaikan. Meskipun Anda mungkin dapat membeli properti dengan uang lebih sedikit daripada properti lain, sangat mungkin Anda membeli lubang uang. Jika banyak perbaikan dan renovasi besar diperlukan, ini bisa menjadi investasi besar baik waktu maupun uang. Dalam hal ini, lebih baik membayar lebih untuk properti yang membutuhkan lebih sedikit perhatian.

BACA JUGA  Mengapa investasi pasar saham Anda gagal?

Sebelum Anda membeli rumah, luangkan waktu untuk memeriksanya. Bahkan jika Anda telah memeriksa properti sendiri, Anda tetap harus memiliki profesional memeriksa properti untuk memastikan bahwa kabel listrik sesuai kode, tidak ada timbal dalam cat, dan properti umumnya aman. Inspeksi terkadang dapat mengungkapkan masalah yang mungkin tidak Anda perhatikan, tetapi dapat menghabiskan biaya ribuan dolar untuk memperbaikinya. Biasanya Anda perlu membayar untuk pemeriksaan; namun, ini adalah investasi bijak yang dapat menghemat sedikit waktu dan uang Anda.

Juga, luangkan waktu untuk meneliti pasar dan lingkungan real estat lokal. Hubungi polisi setempat untuk mengetahui apakah area tersebut aman dan apakah Anda perlu memberikan keamanan tambahan. Mampirlah ke Balai Kota untuk menentukan apakah ada rencana untuk area yang berpotensi menurunkan nilai properti. Teliti pasar real estat di daerah tersebut untuk mengetahui keadaan harga. Jika harga telah jatuh baru-baru ini, itu bisa menjadi indikasi bahwa harga sewa juga akan rendah. Di sisi lain, jika harga rumah di daerah tersebut tinggi, ini bisa menunjukkan bahwa daerah tersebut banyak diminati sehingga Anda mungkin dapat membebankan harga sewa yang lebih tinggi.

Terakhir, jangan membuat kesalahan dengan ‘menetap’ properti hanya karena Anda terburu-buru untuk berinvestasi di properti sewaan. Ini dapat menghasilkan investasi yang mengharuskan Anda menghabiskan lebih banyak waktu dan/atau uang daripada yang Anda rencanakan semula, dan itu merusak margin keuntungan Anda.