Job deskripsi analis bisnis
freepik

Mengenal Job Deskripsi Seorang Analis Bisnis

Job Deskripsi Seorang Analis Bisnis

 

Job deskripsi seorang analis bisnis cukup luas. Dia harus terlebih dahulu menentukan kebutuhan perusahaan dengan menggunakan banyak alat. Analis bisnis dapat melakukan wawancara dengan manajemen dan pemimpin departemen lainnya. Dia seharusnya melakukan analisis dokumen, fakta dan angka. Analis harus memasukkan survei lokasi untuk menentukan aplikasi mana yang digunakan dan apa yang mungkin diperlukan untuk kinerja kualitas yang unggul. Dia akan mempertimbangkan aplikasi bisnis yang sedang digunakan dan mungkin berfungsi atau tidak. Analis bisnis akan melakukan analisis bisnis dan analisis alur kerja untuk menilai kesulitan dalam mencapai tujuan dan menentukan strategi yang lebih baik.

 

Seorang analis bisnis yang berkualitas dapat menentukan kebutuhan nyata dari proyek tersebut. Dia akan dapat mengubah informasi dari manajemen menjadi data yang diperlukan. Statistik dari sumber lain dinilai dan diubah menjadi informasi yang berguna. Analis bisnis dapat menyusun laporan menjadi proyeksi visi yang mudah dipahami untuk diimplementasikan.

 

Deskripsi pekerjaan seorang analis bisnis tidak selalu mencakup, tetapi harus mencakup keterampilan komunikasi yang sangat baik. Dia harus mampu menangani beragam kelompok personel dalam dan luar ruangan. Dia harus mampu memotivasi departemen untuk menantang diri mereka sendiri dan mencapai tujuan mereka. Analis bisnis harus menyampaikan informasi dari tim TI atau departemen TI kepada pelanggan dalam istilah yang mudah dipahami untuk kedua kelompok.

 

Analis bisnis harus memiliki pengalaman masa lalu untuk menarik dari dalam pengolahan data dan informasi. Dia memiliki pengetahuan yang digunakan dalam studi kasus dan mengubahnya menjadi informasi yang berguna. Situasi sebelumnya harus sebanding untuk menghindari tindakan kontraproduktif.

 

Analis bisnis dapat memanfaatkan sumber yang diketahui ketika outsourcing atau interaksi eksternal diperlukan. Dia akan dapat memasukkan hubungan usaha patungan dalam lingkup proyek bila diperlukan. Menentukan titik kritis ini sangat penting dalam pekerjaan seorang analis bisnis.

BACA JUGA  6 Faktor Pencapai Kesuksesan dalam Karir

 

Analis bisnis bertindak sebagai penghubung antara pelanggan dan departemen pengembangan, membedakan antara permintaan dan kebutuhan. Dia meninjau rencana proyek yang diusulkan untuk memastikan semua kebutuhan terpenuhi. Solusi yang dapat diverifikasi harus menjadi solusi yang menjamin kesuksesan.

 

Analis bisnis akan mengusulkan pernyataan tujuan untuk memastikan bahwa hasil akhir memuaskan bagi semua yang terlibat. Akan ada tujuan proyek yang mengintegrasikan semua data yang dikumpulkan. Analis bisnis akan memberikan dokumentasi untuk menentukan aspek proyek mana yang akan ditangani oleh sumber luar. Sumber daya ini terdaftar dengan perhatian kritis pada tugas spesifik setiap organisasi.

 

Analis bisnis memiliki ide bagus tentang apa yang diharapkan. Terdapat berbagai aspek melalui proposal proyek. Dia akan terlibat dengan setiap unit untuk mengajarkan kontinensia sambil tetap produktif. Analis profesional dapat fokus secara independen pada setiap departemen dan mempertahankan pandangan luas tentang ruang lingkup proyek. Ini adalah tugas seorang analis bisnis.