Portal Sby

16 Poin Penting dalam Mempersiapkan Wawancara

16 Poin Penting dalam Mempersiapkan Wawancara

Wawancara merupakan hal yang sangat penting dalam dunia kerja, dengan ini pihak perusahaan dapat menyaring karyawan dengan kualifikasi yang sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan. untuk itu, persiapan wawancara harus matang.

Nah, bagi pelamar pekerjaan, sangat penting untuk dapat melakukan persiapkan wawancara yang baik agar pada saat wawancara pelamar mampu mendapatkan kepercayaan atau penilaian bagus sehingga pelamar dapat diterima diperusahaan yang dituju. berikut adalah poin penting persiapan wawancara.

 

Satu minggu sebelum wawancara

  1. Luangkan waktu untuk menyelidiki organisasi Anda dan posisi langsung Anda. Untuk menemukan informasi khusus perusahaan, kunjungi perpustakaan setempat Anda, lakukan pencarian di Internet, atau bicarakan dengan karyawan Anda saat ini atau sebelumnya tentang pengalaman dan kesan perusahaan Anda. Selidiki produk dan layanan perusahaan, industri, target pasar, penjualan tahunan, lokasi geografis, struktur, sejarah, eksekutif, dan informasi penting lainnya. Apakah ada tren baru di industri ini?
  2. Identifikasi pesaing utama organisasi dan lakukan riset dasar tentang perbedaan (plus atau minus) dari perusahaan yang Anda wawancarai.
  3. Siapkan contoh nyata tentang bagaimana keterampilan dan pengalaman sesuai dengan kebutuhan organisasi Anda. Berlatihlah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diinstruksikan tentang pengalaman, pendidikan, keterampilan Anda, dan bagaimana mereka berhubungan dengan posisi langsung Anda. Bersiap untuk membedakan antara pengalaman Anda dan kebutuhan organisasi Anda adalah salah satu keterampilan wawancara terpenting yang Anda butuhkan.
  4. Identifikasi kekuatan dan kelemahan Anda. Bersiaplah untuk membicarakan kelemahan Anda, tetapi temukan cara untuk mengumpulkannya secara positif. Misalnya, “Kelemahan terbesar saya adalah bahwa saya perfeksionis. Mungkin perlu sedikit waktu ekstra untuk menyelesaikan proyek dengan memuaskan, tetapi bahkan ulasan terberat pun berhasil. Dijamin lulus, 100% akurat, dan tidak mengabaikan detail . “
  5. Siapkan beberapa pertanyaan cerdas tentang perusahaan dan posisi Anda. Ini menunjukkan pengetahuan Anda tentang perusahaan dan minat tulus Anda pada posisi Anda.
  6. Coba setelannya dan pastikan masih pas dan diperbaiki dengan benar. Atur untuk mengganti atau mencari gaun lain sesuai kebutuhan.
BACA JUGA  Cara Membuat Pembelajaran Jarak Jauh Yang Efektif

Sehari sebelum wawancara

  1. Hubungi perusahaan untuk mengkonfirmasi tanggal dan waktu wawancara. Juga, periksa nama dan jabatan individu yang akan Anda temui.
  2. Dapatkan petunjuk arah ke lokasi wawancara. Pastikan untuk memeriksa kembali petunjuk arah di peta. Ini akan memberi Anda pemahaman yang kuat tentang jalan dan memberi Anda perkiraan waktu perjalanan. Jangan lupa untuk memesan waktu tambahan untuk jam sibuk.
  3. Tata seluruh kostum wawancara. Periksa noda, kerutan, atau noda.
  4. Cetak beberapa salinan tambahan resume dan surat lamaran Anda di atas kertas yang bagus. Bahkan jika pewawancara memiliki salinan dirinya sendiri, ada baiknya untuk memiliki salinan cadangan. Ini juga berguna jika Anda akhirnya mewawancarai banyak orang. Ini karena hanya pewawancara kepala yang boleh memiliki salinan resume Anda.

Ayo tidur nyenyak!

  1. Otak Anda membutuhkan bahan bakar untuk bekerja pada kinerja terbaiknya, dan jika ada hari di mana Anda membutuhkan 110% dari otak Anda, itu adalah hari ini. Jadi jangan meremehkan diet Anda. Namun, berhati-hatilah untuk mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah besar sebelum wawancara, karena karbohidrat dapat memperlambat Anda dan menyebabkan makan siang “pasca makan siang”.
  2. Berpakaian lebih awal sehingga Anda tidak merasakan tekanan untuk keluar dari pintu. Perhatikan detailnya (mengikis serat, menyisir rambut, menyikat gigi, menggunakan deodoran, dll.) dan perlu diingat bahwa kesan pertama dapat mengungkapkan banyak hal tentang Anda dan karakter Anda. Tolong beri saya.

 

  1. Jika Anda memiliki resume, surat lamaran, atau portofolio, pastikan untuk membuat salinannya.
  2. Berikan waktu yang cukup untuk wawancara. Jika Anda tiba lebih dari 15 menit lebih awal, kami sarankan untuk menunggu di dalam mobil atau di luar gedung. Jika Anda datang terlalu awal, Anda akan mendapat kesan bahwa wawancara itu ramai (dan tidak ada hubungannya dengan waktu) dan pewawancara akan merasa bahwa Anda perlu menjadwalkannya untuk Anda.
  3. Saat pertama kali bertemu, kami berjabat tangan dengan senyuman semua orang. Anda juga perlu berjabat tangan dengan senyuman setelah wawancara.
  4. Tenang! Setelah Anda melakukan pekerjaan rumah Anda, Anda siap untuk wawancara. Ambil napas dalam-dalam dan rangkum pikiran Anda sesuai kebutuhan saat ditanya. Tanyakan dengan bingung tentang pertanyaan tertentu yang ditanyakan kepada Anda, jangan ragu untuk meminta penjelasan.
BACA JUGA  5 Cara Menuangkan Ide Kreatif Kedalam Tulisan

Setelah wawancara

Tulis pesan “terima kasih” sederhana kepada orang yang mewawancarai Anda.

itulah 16 poin penting persiapan wawancara yang bisa anda pelajari agar sukses saat wawancara kerja.

semoga bermanfaat.