memahami asuransi unit link
Istock,com

Memahami Asuransi Unit Link dengan Risikonya

Dari banyaknya jenis asuransi, asuransi yang disebut paling menguntungkan adalah asuransi unit link. Meski demikian Anda jangan terburu-buru mengambil produknya. Anda harus memahami asuransi unit link sebelum memutuskannya. Hal ini sangat penting dilakukan agar Anda tidak menyesal dan siap dengan risiko tanggungannya.

Memahami Asuransi Unit Link  

Asuransi unit link adalah jenis asuransi pada umumnya, namun yang membedakannya ialah Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus dari produk asuransi ini.

Jelasnya, asuransi Unit Link ini merupakan produk Asuransi Jiwa yang memberikan tanggungan risiko pada nasabah. Yang mana biaya asuransi ini diperoleh dari dana investasi yang dilakukan oleh nasabah.

Dengan adanya  kombinasi antara asuransi whole life dengan produk investasi dalam satu produk asuransi , Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus yakni nilai investasi dan pertanggungan risiko atau proteksi asuransi jiwa oleh perusahaan.

Anda tetap bisa mendapatkan proteksi dari dari Asuransi Unit Link, akan tetapi jangan terlalu berharap dengan keuntungan nilai investasi yang didapatkan. Sebab keuntungan investasi dari produk ini terbilang rendah dibandingkan dengan produk investasi murni.

Meski begitu Jenis asuransi  ini menarik untuk masuk ke daftar asuransi yang wajib dimiliki milenial.

Keuntungan dan risiko Asuransi Unit Link

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asuransi unit link ini memberikan dua manfaat sekaligus. Hal ini merupakan suatu keuntungan yang tidak bisa didapatkan dari jenis asuransi lainnya.

Sebab, premi yang dibayarkan oleh nasabah bukan hanya untuk proteks saja namun juga investasi. Maka dari itu nasabah bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus dalam satu produk asuransi.

BACA JUGA  Yuk, Ketahui 8 Daftar Asuransi Yang Wajib Dimiliki Milenial

Pertama Anda bisa mendapatkan keuntungan proteksi asuransi jiwa, yang mana segala kemungkinan yang terjadi dan mengakibatkan kerugian terhadap jiwa maupun finansial akan ditanggung oleh perusahaan asuransi itu sendiri.

Kedua, Anda bisa mendapatkan keuntungan uang tunai dari kumpulan investasi dalam menambah finansial nasabah. Produk asuransi ini cocok untuk cara menabung untuk pensiunan.

Akan tetapi, Anda jangan terlalu tergiur terlebih dahulu, sebab dibalik keuntungan yang menguntungkan ini terdapat risiko tinggi bagi nasabahnya. Yang mana risiko yang harus diterima oleh nasabah pengguna asuransi unit link ialah sebagai berikut:

Nilai Premi yang Tinggi

Pertama, risiko yang diterima oleh nasabah adalah nilai preminya. Sebab nasabah tidak hanya fokus pada manfaat asuransinya saja namun juga terhadap investasinya. Sehingga dengan ini beban premi yang diterima akan sangat mahal dibandingkan dengan jenis asuransi lain.

Adapun rincian biaya yang ditanggung oleh nasabah diantaranya biaya administrasi, asuransi, polis, biaya pengelolaan dana, biaya pengalihan, biaya penarikan, top up, hingga pemberhentian. Oleh karena itulah, nasabah perlu mempertimbangkan dananya.

Nilai Investasi Menurun

Halnya sama melakukan investasi pada umumnya, pada produk unit link ini sangat memungkinkan nilai investasinya menurun. Oleh karena itulah, nasabah dilarang untuk tidak terlalu berharap pada nilai investasi yang didapatkan. Selain itu nasabah pun tidak dapat melakukan pelacakan kemana investasi dana yang dibayarkannya.

Keleluasan Nasabah

Terakhir risiko yang diterima oleh pemegang nasabah yakni mengenai keleluasaan nasabah, sebab pada produk ini nasabah  tidak dapat menghentikan investasinya ketika berada di masa finansial yang sulit.

Ketiga risiko ini harus Anda pertimbangkan sebelum memilih asuransi unit link, jika Anda sudah yakin menerima tanggungan risiko di atas Anda bisa mencoba untuk menggunakannya. Akan tetapi untuk menghemat dan mengurangi risiko di atas, Anda bisa membeli produk investasi dan asuransi secara terpisah. Dengan memahami asuransi unit link, Anda bisa mempertimbangkan banyak hal sebelum menggunakan produknya ini.

BACA JUGA  5 Daftar Penyakit Yang Wajib Memiliki Asuransi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.