Penjelasan endownment insurance
Unsplash.com

Penjelasan Endowment Insurance, Serta Jenis dan Manfaatnya

Penjelasan endowment insurance merupakan nama lain dari asuransi jiwa dwiguna. Asuransi jenis ini memiliki dua manfaat. Manfaat yang diberikan oleh asuransi endowment ini merupakan perlindungan jiwa dan manfaat yang mirip dengan tabungan berencana. Dimana tabungan yang dimaksud sangat mirip dengan asuransi unit link.

 

Penjelasan Endowment Insurance

Polis endowment ini merupakan jenis asuransi yang bisa memberikan dua manfaat, sekaligus hasil dari kombinasi asuransi jiwa dan pemanfaatan akumulasi dana yang berasal dari nasabahnya. Maka dari itu, elemen polis ini merupakan tabungan dan perlindungan jiwa.

Dengan kata lain, dana yang sudah diserahkan untuk polis endowment ini bisa Anda cairkan jika sudah sampai pada akhir masa pertanggungan. Hal ini tentunya sesuai dengan jangka waktu polis atau ketika pemegang polis meninggal dunia.

Akumulasi dana tersebut akan dikumpulkan atau ditabung sesuai dengan jangka waktu yang sudah disepakati sebelumnya. Dengan begitu, maka nasabah akan mendapatkan asuransi jiwa. Pada umumnya, polis endowment ini bisa dibayarkan berdasarkan ukuran tahun. Namun, Anda juga bisa menggunakan ukuran umur untuk pembayarannya.

Untuk pembatalan polis endowment ini akan terjadi apabila nasabah tidak mampu lagi untuk membayarkan premi selama periode asuransi.

Jenis-Jenis Endowment Insurance

Setelah Anda memahami penjelasan endowment insurance, maka Anda juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis endowment insurance ini. Jenis asuransi ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, uang preminya juga bisa Anda sesuaikan dengan jenis polis yang Anda pilih.

1.    Asuransi Pendidikan Dwiguna

Perlu Anda ketahui, bahwa endowment ini merupakan asuransi yang memiliki dua manfaat. Nah, jenis asuransi endowment yang pertama adalah asuransi pendidikan. Produk asuransi ini bisa membantu para orang tua untuk mengumpulkan uang, sehingga bisa membiayai pendidikan anaknya.

BACA JUGA  Inilah Pentingnya Memilih Asuransi Bisnis Bagi Usaha Anda

Pencairan dana ini akan dilakukan secara bertahap, yakni setiap jenjang pendidikan. Produk ini juga sangatlah cocok bagi orang tua yang sudah merencanakan pendidikan anak untuk jangka panjangnya.

2.    Asuransi Pensiun

Tidak hanya asuransi pendidikan saja, endowment ini juga ada yang dikhususkan untuk para pensiunan. Jadi, bagi Anda yang usianya masih tergolong produktif, maka sangat cocok untuk memilih polis asuransi pensiun ini sebagai bekal di masa tua. Dengan begitu, meski Anda sudah tidak lagi bekerja, namun Anda tetap memiliki tabungan.

Polis asuransi pensiun memiliki masa aktif yang cukup panjang. Selain itu, polis ini juga bisa Anda cairkan ketika Anda sudah masuk masa pensiun. Jika memang nasabah yang bersangkutan meninggal dunia sebelum masa pensiun tiba, maka yang akan menerima dana pensiunnya adalah anggota keluarga yang memang berhak.

3.    Asuransi PNS

Penjelasan endowment insurance ternyata tidak hanya ada pada polis asuransi pendidikan dwiguna dan asuransi pensiun saja. Padahal, asuransi ini juga bisa dimanfaatkan oleh PNS. Layanan ini akan dijadikan sebagai program tabungan untuk hari tua nantinya.

Jaminan keuangan ini akan dikhususkan bagi para pegawai negeri sipil yang sudah berhenti karena memasuki masa pensiun atau meninggal sebelum masa pensiun tiba. Biasanya, premi yang perlu dibayarkan secara rutin adalah sebesar 3,25 persen dari penghasilan tiap bulannya.

 

Manfaat Endowment Insurance

Setiap jenis asuransi tentunya memiliki manfaat yang berbeda-beda. Untuk manfaat utama dari asuransi dwiguna ini adalah untuk membantu para nasabah agar bisa menabung dan mendapatkan manfaat jika nantinya terjadi sesuatu.

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari polis endowment ini.

  • Santunan meninggal dunia bisa didapatkan apabila Anda meninggal dunia. Dengan begitu, maka uang santunan akan diberikan kepada ahli warisnya.
  • Manfaat hidup ini bisa Anda lihat dari manfaat yang diberikan kepada nasabah yang masih hidup sampai dengan kontrak polisnya berakhir.
  • Manfaat bonus ini bisa Anda dapatkan dari dana luar tabungan dan dana pertanggungan.
  • Bonus yang diberikan setelah habisnya masa asuransi. Namun dengan catatan nasabah tidak mengajukan klaim hingga masa asuransinya habis.
BACA JUGA  Ingin Punya Asuransi? Ini 4 Tips Memilih Asuransi Untuk Pelajar

Jadi, inilah beberapa penjelasan endowment insurance yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda.