asuransi sosial dan manfaatnya
pexels.com

Asuransi Sosial dan Manfaatnya untuk Nasabah

Asuransi sosial dan manfaatnya merupakan sistem jaminan berskala nasional yang dibentuk oleh pemerintah untuk memberikan kesejahteraan sosial bagi seluruh masyarakat. Bentuk kepesertaannya pun wajib.

Tujuan dari adanya asuransi sosial ini adalah untuk memberikan proteksi dasar kepada seluruh masyarakat dengan premi minimal, dan terjangkau. Dengan begitu, maka masyarakat pun tetap bisa mendapatkan biaya ganti rugi jika mengalami kejadian yang tidak diharapkan.

 

Asuransi Sosial dan Manfaatnya

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, pengertian dari asuransi sosial dan manfaatnya adalah sebuah mekanisme pengumpulan dana yang sifatnya wajib.

Asuransi sosial ini berasal dari iuran. Tujuannya adalah untuk memberikan perlindungan atas risiko sosial ekonomi yang terjadi pada peserta atau anggota keluarganya. Prinsip dari asuransi sosial ini lebih mengedepankan nilai-nilai gotong royong, dan subsidi silang untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Dengan Anda memilih asuransi sosial ini tentunya bisa mendatangkan manfaat untuk Anda. Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari asuransi sosial ini.

1.    Bersifat Wajib Sebagai Perlindungan Utama

Perlu Anda ketahui, bahwa asuransi sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah ini memiliki sifat kepesertaan yang wajib. Hal ini dikarenakan asuransi sosial bertujuan sebagai bentuk perlindungan utama bagi pihak tertanggung.

Selain sebagai perlindungan utama, asuransi sosial juga merupakan wujud pelaksanaan Undang-Undang Ketenagakerjaan, sehingga negara wajib untuk memberikan perlindungan, keselamatan, dan jaminan kesejahteraan bagi para pesertanya.

2.    Biaya Operasional Kecil

Asuransi sosial memiliki nilai premi yang kecil. Dimana seluruh premi yang dibayarkan oleh peserta asuransi ini bisa digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan peserta asuransinya. Biaya operasional dari asuransi sosial yang kecil ini dikarenakan dana yang dikumpulkan akan dikelola secara kolektif. Selain itu, biayanya juga ditanggung oleh pemerintah.

BACA JUGA  Pentingnya Asuransi untuk Karyawan yang Perlu Anda Ketahui

Dana pertanggungan atau santunan asuransi sosial memang relatif kecil. Hal ini disebabkan oleh asuransi sosial yang harus menyediakan perlindungan kepada seluruh lapisan masyarakat secara menyeluruh.

Faktor lain yang menyebabkan dana pertanggungan rendah adalah karena harus menyesuaikan dengan dana yang sudah terkumpul. Besaran uang pertanggungan ini juga akan tergantung pada kebijakan politik dan Undang-Undang yang bisa berubah sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Tidak hanya itu, harga premi yang harus dibayarkan oleh peserta asuransi sosial ini relatif kecil. Pembayaran premi ini biasanya akan langsung terpotong dengan gaji pokok dari pegawai dan hal ini sudah mencakup perlindungan bagi semua anggota keluarga.

Selain itu, harga premi yang rendah ini juga dikarenakan pengelolaan dana yang bersifat kolektif secara nasional tanpa adanya biaya operasional dan profit perusahaan.

3.    Memiliki Dasar Hukum Jelas

Perlu Anda ketahui, bahwa dalam melakukan kegiatan pengumpulan dan pembagian risiko atas asuransi sosial dan manfaatnya ini menggunakan hukum yang jelas. Selain itu, asuransi sosial ini juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Tujuannya adalah agar dana yang terkumpul ini bisa digunakan secara lebih optimal dan terjamin keamanannya.

4.    Profil Risiko

Pada asuransi sosial ini memiliki sifat yang lebih holistik atau menyeluruh dalam masalah penanggungan semua jenis resikonya. Dimana asuransi sosial ini mencakup periode perlindungan yang ditawarkan. Asuransi sosial ini menawarkan periode perlindungan jangka panjang atau seumur hidup.

Dan inilah beberapa penjelasan mengenai asuransi sosial dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui dan pelajari. Dengan begitu, maka Anda pun bisa membedakan asuransi sosial vs asuransi komersial.

Anda pun bisa menambah wawasan terkait pemahaman asuransi unit link

Leave a Reply

Your email address will not be published.