portalsby - daftar asuransi yang wajib dimiliki milenial
pixabay.com

Yuk, Ketahui 8 Daftar Asuransi Yang Wajib Dimiliki Milenial

Generasi milenial merupakan generasi yang hidup ditengah kemoderanan zaman sehingga semua hal terasa lebih mudah dan praktis. Tentu saja hal ini mempengaruhi gaya hidup para milenial seperti menjadi lebih konsumtif dan menghabiskan uang untuk keperluan yang kurang penting. Tidak sedikit dari mereka yang belum memahami pentingnya mempersiapkan dana untuk masa depan, selain itu mereka kurang memahami tentang asuransi. Padahal ada beberapa daftar asuransi yang wajib dimiliki milenial untuk kesejateraan hidup mereka di masa depan.

Banyak masyarakat yang beranggapan jika Asuransi identic dengan orang yang telah berkeluarga padahal asuransi penting untuk seluruh kalangan. Asuransi merupakan salah satu upaya  untuk mempersiapkan hal-hal yang tidak diinginkan. Asuransi juga menjadi salah satu cara agar keuangan lebih terarah dan salah satu cara untuk mengurangi gaya hidup yang konsumtif.

Bagi anda yang telah bekerja tentu sudah banyak kebutuhan yang dikeluarkan mulai dari biaya kebutuhan sehari-hari, biaya pendidikan anak kedepannya, dana darurat, dan biaya persalinan bagi yang tengah hamil. Karena itulah asuransi hadir untuk membantu anda mengurangi berbagai beban. Dengan memanfaatkan asuransi pendidikan, asuransi kesehatan dan asuransi lainnya akan membuat anda lebih mudah.

Untuk mengetahui jenis-jenis asuransi apa saja yang masuk kedalam daftar asuransi yang wajib dimiliki milenial simak ulasan berikut ini!

Manfaat Menggunakan Asuransi Bagi Milenial

Generasi milenial tentu banyak bertanya-tanya mengapa harus mendaftarkan diri ke asuransi, manfaat apa yang bisa mereka peroleh jika mereka ikut asuransi, berikut ini beberapa manfaat asuransi yang bisa dirasakan oleh milenial.

1.    Premi Lebih Murah

Biaya premi yang harus dibayarkan antara peserta usia muda dan usia tua tentu akan berbeda. Peserta yang berusia lebih muda akan membayar lebih murah alasannya karena kondisi kesehatan usia muda masih sehat sedangkan usia tua lebih rentan terkena penyakit sehingga beberapa perusahaan asuransi menawarkan premi yang lebih murah untuk para generasi yang masih muda

2.    Tabungan Masa Depan

Asuransi tidak hanya bisa dijadikan tabungan jangka pendek namun juga menjadi tabungan untuk jangka panjang. contohnya anda menggunakan asuransi dana pensiun. Melalui asuransi ini anda dapat memperoleh kehidupan yang lebih sejahtera di hari tua. Dengan menggunakan asuransi juga membuat anda lebih mahir dalam mengelola keuangan sehingga tidak mengikuti gaya hidup yang foya-foya

3.    Memberikan Proteksi Yang Lebih

Tidak ada yang dapat mengetahui musibah yang akan menimpa diri karena itulah asuransi memberikan proteksi yang lebih untuk anda dan orang tersayang ketika mengalami musibah. Contohnya ketika mengalami kecelakaan maka asuransi kesehatan akan bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan penangan kesehatan sehingga anda tidak perlu memikirkan biaya pengobatan.

4.    Melindungi Aset Berharga

Jika anda memiliki aset berharga seperti property ataupun kendaraan anda dapat menggunakan asuransi untuk melindungi aset-aset berharga yang anda miliki. sebagai langkah preventif yang dapat anda gunakan untuk menghindari musibah yang tidak diinginkan seperti kebakaran, kerusakan, bencana alam dan lain sebagainya. Dengan asuransi property atau asuransi kendaraan maka anda akan mendapatkan jaminan atas kerusakan yang dialami.

BACA JUGA  Pentingnya Asuransi untuk Karyawan yang Perlu Anda Ketahui

5.    Mengelola Keuangan

Sebagai generasi muda tentu banyak kebutuhan yang kita butuhkan terus menerus hingga tanpa sadar menjadi generasi yang terlalu konsumtif dan suka menghambur-hamburkan uang tanpa perencanaan keuangan yang jelas. Tidak sedikit dari generasi muda yang terjebak kehidupan yang foya-foya karena mereka berpikir usia mereka masih muda dan memang waktunya bersenang-senang. Padahal untuk membentuk kebiasaan yang baik dalam mengelola uang harus dimulai sejak dini.

 

Asuransi menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan agar keuangan lebih tertata dengan baik. Selain itu asuransi dapat membantu dalam mengurangi risiko yang tidak diinginkan. Selain itu asuransi juga bisa menjadi wadah investasi untuk masa depan.

8 Daftar Asuransi Yang Wajib Dimiliki Milenial.

1.    Asuransi Kesehatan

Asuransi pertama yang masuk kedalam daftar asuransi yang wajib dimiliki milenial adalah asuransi kesehatan. Kesehatan merupakan harta paling berharga yang diberikan tuhan kepada setiap ciptaan-Nya tidak heran jika banyak yang rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta untuk bisa kembali merasakan nikmat sehat.

 

Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang dapat mengetahui takdir yang akan terjadi di masa depan, tentu saja tidak ada orang yang ingin mendapatkan musibah sakit namun kita juga tidak dapat mengetahui hal tersebut. Karena itulah asuransi kesehatan hadir untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk seperti biaya yang besar untuk pengobatan.

 

Penyakit tidak pernah mengenal usia dalam menyerang terutama penyakit kritis. Ada beberapa penyakit kritis yang masuk ke dalam  daftar penyakit yang wajib memiliki asuransi kesehatan seperti kanker, jantung, stroke, gagal ginjal, diabetes dan lain sebagainya. Pengobatan untuk penyakit-penyakit tersebut cenderung mahal bahkan bisa menghabiskan hingga ratusan juta, untuk itulah masyarakat disarankan menggunakan asuransi kesehatan untuk membantu mengurangi biaya.

2.    Asuransi Jiwa

Asuransi lainnya yang wajib dimiliki milenial adalah asuransi jiwa. Asuransi yang satu ini berkaitan erat dengan risiko kematian. Tentu tidak ada yang dapat memprediksi kematian seseorang. Ketika anda dalam perjalanan dan mengalami kecelakan lalu meninggal, asuransi ini akan membantu mengatasi permasalahan keuangan pihak keluarga yang anda tinggalkan.

 

Pada asuransi ini terdapat dua jenis yaitu term life dan whole life. Yang membedakan adalah masa pertanggungan, untuk term life harga lebih terjangkau namun masa pertanggungan hanya 5-20 sedangkan whole life memiliki biaya premi yang tinggi namun masa pertanggungan seumur hidup.

3.    Asuransi Pendidikan

Bagi anda yang telah menikah dan memiliki anak asuransi yang satu ini tidak boleh ditinggalkan. Biaya pendidikan anak yang tiap tahun semakin mahal ini tentu saja menjadi beban berat untuk anda yang hanya mengandalkan penghasilan pribadi saja tanpa penghasilan sampingan, karena itulah asuransi ini hadir menjadi solusi.

 

manfaat asuransi pendidikan sejak usia dini salah satunya adalah untuk mencegah terputusnya pendidikan anak ketika orang tua sedang tidak memiliki uang, selain itu membantu meringankan biaya pendidikan. Sebelum menentukan asuransi yang tepat tentu saja anda harus memahami tips memilih asuransi untuk pelajar agar tidak salah dalam memilih agen asuransi.

4.    Asuransi Kendaraan

Salah satu asuransi yang wajib anda miliki jika memiliki alat transportasi adalah asuransi kendaraan. Saat ini kendaraan telah menjadi kebutuhan bagi setiap kaum milenial. Aset pribadi yang satu ini harus dilindungi dari segala macam risiko, harganya yang tidak murah ketika melakukan perbaikan tentu saja dapat membuat uang terkuras habis untuk mencegah hal tersebut anda dapat menggunakan asuransi kendaraan.

 

Asuransi ini terdiri dari dua jenis yaitu all risk dan total loss only. All risk merupakan jenis asuransi kendaraan yang mengganti sebagian atau keseluruhan yang terjadi pada kendaraan anda sedangkan total loss only, asuransi akan mengganti kerugian jika kerusakan yang terjadi mencapai 75 persen namun apabila kerusakan yang terjadi tidak sampai 75 persen maka anda tidak dapat menerima ganti rugi

BACA JUGA  5 Daftar Penyakit Yang Wajib Memiliki Asuransi Kesehatan

5.    Asuransi Perjalanan

Hampir kebanyakan milenial menghabiskan kegiatan harian mereka dalam perjalanan baik jarak dekat maupun jarak jauh. Tidak heran jika asuransi yang satu ini menjadi bagian penting terutama bagi anda yang sering melakukan perjalanan jauh seperti keluar kota ataupun ke luar negeri.

 

Asuransi ini tidak hanya memberikan uang ganti untuk kecelakan namun juga ketika anda mengalami penundaan atau pembatalan jadwal keberangkatan pesawat. Bahkan di beberapa negara yang tergabung dalam visa Schengen telah menjadi asuransi perjalanan sebagai syarat wajib bagi para pengunjung ketika mengajukan visa. Ketika anda mempunyai asuransi ini anda akan mendapatkan manfaat seperti perlindungan medis, bantuan darurat, manfaat kecelakaan, manfaat kunjungan dan perawatan serta ketidaknyamanan perjalanan

6.    Asuransi Property

Property menjadi aset berharga yang harus diperhatikan keamanannya dari berbagai macam risiko, tidak heran jika asuransi ini masuk kedalam daftar asuransi yang wajib dimiliki milenial. Untuk biaya asuransi ini dimulai dari Rp 170 ribu namun bagi anda yang ingin mendapatkan perlindungan lebih lengkap anda dapat membayar sebesar Rp 1,2 juta per tahun.

 

Property memiliki berbagai macam jenis tidak hanya tempat tinggal yang ditempati namun property dapat berupa apartemen, rumah, tanah ataupun villa yang dapat dijadikan investasi jangka panjang apabila anda tidak ingin menempatinya. Asuransi ini penting untuk melindungi segala property yang dimiliki dari berbagai macam risiko yang bisa terjadi seperti kebakaran, huru-hara ataupun bencana alam yang dapat melanda kapan saja dan dimana saja.

7.    Asuransi Sosial

Asuransi yang satu ini merupakan sebuah fasilitas sosial yang disediakan pemerintah dan bersifat wajib yang mana pemerintah memberikan subsidi dana yang berasal dari pendapatan negara. Iuran wajib pada asuransi ini lebih murah. Namun asuransi ini ada juga yang berstatus swasta, namun jika anda ingin memiliki yang lebih murah anda dapat memiliki yang berasal dari negara.

 

Beberapa jenis asuransi sosial yang berada di indonesia antara lain BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan, Jasa raharja, taspen dan asuransi sosial ABRI. Asuransi sosial dan manfaatnya yang bisa anda dapatkan adalah memudahkan peserta dalam mendapatkan proteksi, hanya dengan membayar premi yang murah anda bisa mendapatkan fasilitas pengobatan secara gratis.

8.    Asuransi Dana Pensiun

Setiap orang tentu ingin merasakan hidup sejahtera di hari tua karena itulah banyak anak muda yang bekerja keras, namun untuk mendapatkan kesejahteraan di hari tua tentu bukan hal yang mudah namun bukan berarti sulit untuk dicapai. Ada berbagai cara untuk bisa sejahtera salah satunya dengan mengelola keuangan di asuransi dana pension.

 

Asuransi dana pension merupakan sebuah cara yang dipersiapkan untuk dimanfaatkan dan digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan setelah pension. asuransi ini bisa didaftarkan dari usia 18 tahun. Cara menabung untuk pensiun di asuransi ini juga dibilang cukup mudah, anda hanya perlu membayarkan sebesar 100 ribu setiap bulannya.

 

Manfaat mengunakan asuransi ini diantaranya mengurangi beban pikiran di masa tua, tidak membuat kebergantungan kepada anak, menjadi investasi jangka panjang untuk masa depan, dan asuransi ini juga dapat dijadikan warisan apabila pemilik polis meninggal dunia.

4 Tips Memilih Asuransi Secara Cermat

Setelah mengetahui daftar asuransi yang wajib dimiliki milenial kini anda harus mengetahui tips untuk memilih asuransi yang terbaik agar tidak salah memilih dan menyebabkan kerugian. Maraknya kasus yang mempermasalahkan asuransi membuat masyarakat menjadi ragu untuk terjun menggunakan asuransi padahal tidak semua pihak asuransi melakukan hal tersebut, untuk menghindari itu kita harus memahami tips cara memilih asuransi yang tepat.

BACA JUGA  Cara Kerja Asuransi Kehamilan, Bagaimana Cara Klaimnya?

1.    Riset Terkait Produk Asuransi

Sebelum menentukan jenis produk asuransi mana yang akan dipilih anda harus melakukan riset terlebih dahulu sehingga memahami apa saja produk yang ditawarkan. Tiap-tiap jenis asuransi yang ditawarkan memiliki manfaat dan pertanggungan yang berbeda-beda misalahnya. Asuransi kehamilan dan asuransi kesehatan, cara kerja asuransi kehamilan dan asuransi kesehatan tentu berbeda. Asuransi kehamilan menanggung proses kehamilan mulai dari pemeriksaan hingga pasca melahirkan

2.    Membeli Produk Asuransi Sesuai Dengan Kebutuhan

Banyak jenis-jenis produk asuransi tentu membuat para pemula merasa bingung. sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk asuransi anda harus mengetahui asuransi apa yang sesuai dengan kebutuhan anda.

 

Jika anda membutuhkan asuransi yang dapat menanggung biaya pengobatan anda dapat menggunakan asuransi kesehatan, jika anda membutuhkan asuransi perlindungan jiwa dan mampu sebagai wadah investasi anda dapat menggunakan asuransi dwiguna (endowment insurance). Untuk mengetahui manfaat dari endowment insurance anda dapat mencari tahu penjelasan endowment insurance yang telah banyak dibahas.

3.    Riset Terkait Track Record Perusahaan Asuransi Yang Dipilih

Hal lain yang tidak kalah penting ketika anda hendak membeli produk asuransi dari sebuah perusahaan asuransi, anda harus mengetahui track record dari perusahaan tersebut. Anda harus mengetahui apakah perusahaan tersebut telah terdaftar dalam otoritas jasa keuangan atau belum karena hal ini membantu untuk mengetahui

 

Selain melalui OJK anda juga mencari review dari berbagai platform seperti media sosial, blog ataupun youtube. Semua bisa anda dapatkan informasi melalui mesin pencarian seperti google.

4.    Berkonsultasi Dengan Konsultan Asuransi Dan Agen Berlisensi

Bagi anda yang ingin menggunakan asuransi namun masih ragu dan bingung ingin memilih asuransi, anda dapat berkonsultasi dengan konsultan asuransi perusahaan ataupun agen yang telah memiliki lisensi. Untuk mengecek status agen asuransi dapat dicek kedalam asosiasi asuransi jiwa indonesia.

Mencari agen yang telah memiliki lisensi merupakan hal penting karena agen tersebut akan memudahkan dan membantu para peserta untuk mengajukan klaim

5.    Membandingkan Asuransi Yang Ditawarkan Satu Sama Lain

Asuransi merupakan komitmen jangka panjang dan diharapkan memberikan manfaat oleh karena itu anda perlu membanding-bandingkan antara asuransi satu dengan asuransi yang lain. untuk mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan keinginanmu jangan ragu untuk membandingkan dengan produk lain dan juga berkonsultasi dengan agen

Itulah beberapa pembahasan tentang daftar asuransi yang wajib dimiliki milenial, manfaat menggunakan asuransi, dan tips memilih asuransi yang tepat untuk milenial. Sebagai generasi milenial yang dikenal dengan generasi yang cakap akan teknologi tentu bukan hal yang sulit jika ingin mengetahui lebih dalam tentang asuransi.

tentu tidak ada satu orang pun yang ingin mendapatkan hal buruk namun seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan, asuransi merupakan salah satu tindakan preventif yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi dan melindungi diri dari berbagai macam kemungkinan buruk yang dapat terjadi. Namun tentu kita tetap harus berhati-hati dalam memilih agen atau perusahaan asuransi agar merasa tenang dan aman

 

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Asuransi Terbaik Saat Ini,Quote Asuransi,Pertanyaan Tentang Sasuransi Brainly,Pentingnya Suransi Jiwa,Pentingnya Asuransi,Mengapa Asuransi Penting,Manfaat Asuransi Bagi Nasabah Adalah,Manfaat Asuransi Bagi Masyarakat,Kapan Punya Suransi,Kapan Asuransi Yang Tepat,Alasan Pentingkah Asuransi,Asuransi Terbaik Di Dunia,Asuransi Terbaik,Asuransi Olah Raga Murah,Asuransi Milenials,Asuransi Milenial,Asuransi Jiwa Yang Bagus Dan Murah,Asuransi Anak Muda,Asuransi 50 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published.